-->

Puasa-Puasa Yang Dilarang

Puasa - puasa Yang Dilarang 

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Puasa adalah baik dan merupakan amal ibadah yang luar biasa bagi yang sanggup menjalaninya. Ditengah-tengah makan dan minuman yang setiap hari mungkin ada disekitar kita, kita harus menahannya untuk tidak tergoda. Belum godaan nafsu lainnya. Akan tetapi perlu kita ketahui, ada puasa-puasa yang dilarang untuk dikerjakan. Puasa apa saja itu? 




Berikut ini puasa-puasa yang dilarang: 
a. Puasa hari raya (ldul Fitri dan Idul Adha)Ada dua hari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah melarang puasa pada keduanya, hari raya Idul Fitri dan hari raya yang lain dimana engkau memakan hewan sembelihannya. (HR. Bukhari-Muslim).
 
b. Puasa sunnah tanpa seizin suamiSeorang isteri tidak diperbolehkan puasa sunnah ketika suaminya berada dirumah tanpa seizin suami tersebut. Hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi WasallamSAW: "Janganlah seorang perempuan berpuasa sedangkan suaminya berada di rumah". (HR. Bukhari)
 
c. Hari Tasyrik
Bahwasannya Rasulullah
Shallallahu 'Alaihi Wasallam mengutus Abdullah bin Hudzaifah berkeliling di Mina untuk mengumumkan agar tidak puasa pada hari ini, sebab ia adalah hari-hari untuk makan, minum dan dzikir kepada Allah SWT.


d. Hanya mengkhususkan hari Jum'at 
Larangan disini hanya larangan makruh, kecuali jika hari itu bertepatan dengan puasa yang biasa dilakukan, atau karena ada sunnah yang lain. Hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam: uJanganlah puasa pada hari Jum'at kecuali didahului dengan puasa sebelumnya atau ditambah sehari sesudahnya."(HR. Bukhari)
 
e. Hari yang diragukan.Hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam:
"Janganlah sekali-kali diantara kamu mendahului Ramadhan dengan puasa-sehari atau dua hari sebelumnya kecuali jika seseorang telah terbiasa di hari itu maka puasalah pada hari itu." (HR. Bukhari-Muslim)
 
f. Puasa Dahr (puasa tiap hari tanpa berbuka)Hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam:
" Tidak dinamakan puasa orang yang berpuasa terus menerus [tanpa berbuka-pen]." (HR. Bukhari).

#

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter