-->

Tips Investasi Amal di Hari Jumat

Dalam Islam hari Jum’at menempati kedudukan yang istemewa dari pada hari-hari lainnya. Hari Jum’at adalah penghulunya atau tuannya hari-hari yang lain yang dalam istilah Arab disebut sayyidul ayyam. Sebagai tuannya para hari, maka hari Jum’at memiliki keistimewaan tersendiri bila dibandingkan dengan hari-hari yang lain.

Agar jum'at kali ini menjadi jum'at yang bermakna, yang menghasilkan manfaat untuk menambah amal shalih sebagai bentuk investasi akhirat kita, berikut ini CUC posting tentang Adab-adab dan hal-hal yang seyogyanya dikerjakan pada hari Jum’at. Artikel ini CUC terjemahkan secara ringkas dari Minhajul Muslim karya Abu Bakr Jabir al-Jazairi, terbitan Dar as-Salam Mesir, hal. 192-194.

 Adab-adab dan Hal-hal yang seyogyanya dikerjakan pada hari Jum’at:
1.   Mandi (seperti mandi junub) bagi yang akan menghadiri sholat Jum’at (HR. Malik, Bukhari, dan Tirmidzi)

2.  Memakai pakaian yang dimiliki yang paling pantas dan bersih serta memakai minyak wangi jika memilikinya (HR. Ahmad)

3. Bersegera menuju ke tempat sholat Jum’at agar mendapat pahala seperti berqurban unta (HR. Malik, Bukhari, dan Tirmidzi)

4. Sholat sunnah semampunya (sambil menunggu khatib naik mimbar) (HR. Bukhari dan Ahmad)

5.  Menghentikan pembicaraan (ngobrol) dan bermain-main dengan kerikil atau lainnya (misal ujung sajadah, peci, dll-adm) bila Imam sudah mulai khutbah (HR. Muslim, Ahmad, dan Abu Dawud)

6.  Bila datang terlambat sedang imam sedang khutbah maka bersegera sholat dua roka’at (tahiyyatul masjid) dengan meringankan sholatnya alias tidak berlama-lama (HR. Muslim dan Ahmad)

7. Tidak melangkahi pundak-pundak jama’ah lainnya yang sudah datang duluan dan tidak memisahkan tempat duduk dua orang (yaitu dengan cara duduk di antara dua orang jama’ah yang datang duluan) (HR. Abu Dawud, Ibn Majah, Bukhari, dan Ahmad).

8.  Terlarangnya jual beli (bisnis) ketika sudah mendengarkan Adzan Jum’at (QS. Al-Jumu’ah: 9)

9.  Dianjurkan membaca surat al-Kahfi pada malam atau siang harinya (HR. Hakim)

10. Memperbanyak membaca sholawat dan salam pada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pada malam dan siang harinya (HR. Hakim dan Baihaqiy)

11.   Memperbanyak do’a pada hari Jum’at (HR. Muslim dan Ahmad)

Demikian Adab-adab dan hal-hal yang seyogyanya dikerjakan oleh kaum Muslimin pada hari Jum’at. Selamat mengisi hari Jum’at dengan investasi akhirat. Semoga Jum’at kita penuh berkah. Aamiin.

#

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter